Menguji Keaslian Madu


Kesadaran masyarakat akan madu saat ini cukup mengalami kemajuan. Madu dengan berbagai varian dan jenisnya pun mudah ditemukan. Di toko obat, toko herbal, penjaja keliling, hingga supermarket. Tapi sebagai konsumen kita perlu berhati-hati dalam membeli, karena banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi ini dengan membuat dan memasarkan madu palsu.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui keaslian suatu madu.

a.  Cara sederhana

Ambil satu gelas air putih, kemudian tuang madu ke dalam gelas. Jika madu jatuh lurus ke dasar gelas dan air tidak keruh sampai 5 jam tanpa diaduk, kemungkinan besar madunya berkualitas bagus. Namun jika madu dituang dalam air lalu airnya langsung keruh/keruh dalam tempo 2 jam (tanpa di aduk), berarti madu tersebut jelek / palsu. Tapi test tersebut tidak mutlak dan harus digabung dengan test yang lain seperti di bawah ini.

b. Jika diuji dengan refraktometer, kadar air maxsimal 21 % dengan rasa, warna dan bau yang normal sesuai jenis. Setiap jenis madu murni memiliki rasa, warna dan bau yang khas. Jika dipanaskan, maka madu akan berbau gosong, warna menjadi lebih gelap, rasa berubah dan aroma khas madu tersebut akan hilang. Dengan kadar air yang rendah/max 21%, sangat sulit dipalsu tanpa berubah rasa, warna dan bau.

c. Uji kualitas madu di laboratorium sesuai dengan parameter SNI 0135. 45 – 2004, yaitu uji kadar air, diastase indeks, kadar glukosa, kadar fruktosa, kadar sukrosa, HMF, dll. Tidak benar bahwa keaslian madu bisa dilihat hanya dengan uji sakarin, karena pemalsuan madu mayoritas tidak memakai sakarin, tapi memakai fruktosa sintetis, glukosa sintetis dll.

Sumber: http://alkhautsar.multiply.com

Iklan
Published in: on 31 Mei 2010 at 3:35 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://maduhutanlampung.wordpress.com/2010/05/31/menguji-keaslian-madu/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: